KEBIJAKAN PEMBIAYAAN DAN MANAJEMEN ASURANSI KESEHATAN

Sekilas

Program peminatan Kebijakan Pembiayaan dan Manajemen Asuransi Kesehatan Studi Asuransi Kesehatan akan menciptakan pemimpin yang kompeten dalam pembiayaan kesehatan dan asuransi untuk perusahaan besar dan lembaga pemerintah.

Mahasiswa akan belajar tentang kebijakan pembiayaan kesehatan dalam konteks ekonomi makro, mendapatkan keterampilan dalam advokasi pembiayaan di tingkat nasional dan regional, manajemen terkait asuransi kesehatan, dan bagaimana menggunakan statistik dalam sistem informasi untuk analisis data.

Lulusan diharapkan siap kerja untuk perusahaan dan/atau pemerintahan untuk menciptakan metode manajemen yang efisien dalam asuransi kesehatan, alokasi strategis, dan penalaran ilmiah tentang pembiayaan kesehatan.

Informasi Umum

Mulai perkuliahan Agustus 2020
Batas waktu pendaftaran klik disini
Penerimaan 2019 15 siswa
Durasi studi 18-24 bulan
Jenis program Purnawaktu, Paruh waktu (Yogyakarta dan Jakarta)
Gelar kesarjanaan Master of Public Health (MPH), Ahli Asuransi Kesehatan (atau AAK, tambahan)

Anda akan belajar mata kuliah dasar magister kesehatan masyarakat diikuti oleh kurikulum minat studi asuransi kesehatan. Pada akhir studi, Anda diwajibkan menulis tesis untuk mempraktikkan kemampuan Anda menjadi lulusan praktisi berbasis penelitian menggunakan desain metode campuran kuantitatif dan kualitatif. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk mempraktekkan apa yang Anda pelajari dalam magang atau analisis lapangan. Beberapa mata kuliah yang akan Anda ikuti seperti:

  • Pembiayaan Kesehatan
  • Asuransi Kesehatan
  • Perawatan Terkelola dan Jaminan Kesehatan
  • Sistem Pembayaran Penyedia
  • Penilaian Teknologi Kesehatan
  • Analisis Kualitatif (opsional)
  • Implementasi Asuransi Kesehatan di Rumah Sakit (opsional)
Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, MSc., PhD Pembiayaan Kesehatan dan Asuransi Kesehatan
Dra. Diah Ayu Puspandari, Apt, M.Kes Pembiayaan Kesehatan dan Asuransi Kesehatan
dr, Firdaus Hafidz, MPH, AAK, PhD Pembiayaan Kesehatan dan Asuransi Kesehatan

Program ini ditujukan bagi mereka yang ingin menjadi eksekutif di perusahaan asuransi kesehatan, praktisi di Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan, ahli asuransi kesehatan dan pembiayaan kesehatan untuk perusahaan nasional besar, serta konsultan manajemen asuransi kesehatan. Studi ini juga ditujukan untuk menjadi pengajar dan peneliti di bidang studi asuransi dan pembiayaan di perguruan tinggi.

Untuk biaya kuliah program ini, Anda dapat melihat daftar ini .

Anda dapat mengisi pra-pendaftaran ke http://hpm.fk.ugm.ac.id/admisi/ atau masuk ke http://um.ugm.ac.id untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran.

GELAR

Master of Public Health (MPH), Ahli Asuransi Kesehatan (atau AAK, tambahan)

JENIS PROGRAM

Purnawaktu, Paruh waktu (Yogyakarta dan Jakarta)