MANAJEMEN RUMAH SAKIT

Sekilas

Bersama peminatan Manajemen Rumah Sakit, Anda tidak hanya mengeksplorasi masalah kesehatan masyarakat umum, tetapi juga mengeksplorasi strategi pemecahan masalah tentang mutu pelayanan rumah sakit dan pusat kesehatan.

Lulusan program ini diharapkan menjadi tenaga yang kredibel dan dapat menyesuaikan kebutuhan mereka dalam karir profesional di bidang pelayanan kesehatan. Prioritas kami adalah mengembangkan lebih banyak ahli dalam manajemen rumah sakit melalui pembelajaran reflektif dan penelitian melalui sudut pandang layanan sosial.

Kami mendorong orang-orang dari berbagai latar belakang ilmu kesehatan dan pembuat kebijakan yang perlu memperkuat kompetensi mereka untuk mengambil studi ini.

Informasi Umum

Mulai perkuliahan Agustus 2019
Batas waktu pendaftaran Januari – Juli 2019
Penerimaan 2019 45 siswa
Durasi studi 18-24 bulan
Jenis program Purnawaktu, Paruh waktu (Yogyakarta dan Jakarta)
Gelar kesarjanaan Master of Public Health (MPH)

Struktur Mata Kuliah Program

Anda akan belajar dasar-dasar magister kesehatan masyarakat ditambah dengan serangkaian kurikulum minat manajemen rumah sakit. Pada akhir studi, Anda diwajibkan menulis tesis untuk mempraktikkan kemampuan Anda menjadi lulusan praktisi berbasis penelitian menggunakan desain metode campuran kuantitatif dan kualitatif. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk mempraktekkan apa yang Anda pelajari dalam magang atau analisis lapangan. Beberapa mata kuliah yang akan Anda ikuti seperti:

  • Manajemen Layanan Rumah Sakit
  • Keselamatan Pasien dan Tata Kelola Klinik
  • Akuntansi Rumah Sakit
  • Ekonomi Manajerial dan Etika Bisnis Rumah Sakit
  • Keunggulan dan Kebijakan Layanan
  • Sumber Daya Manusia dan Kepemimpinan
  • Manajemen Keuangan Rumah Sakit
  • Logistik Rumah Sakit dan Manajemen Kedokteran
  • Operasional dan Pemasaran Rumah Sakit
  • Etika dan Peraturan Rumah Sakit
  • Manajemen dan Pendanaan Strategis Rumah Sakit

Pengajar

Prof. dr. Laksono Trisnantoro, MSc., PhD Kebijakan dan Administrasi Kesehatan
Prof. dr. Adi Utarini, MSc, MPH, PhD Manajemen Rumah Sakit
Dr .dr. Andreasta Meliala, Dipl.PH, M.Kes Manajemen Rumah Sakit

Prospek Karir

Gelar ini akan membantu Anda untuk memiliki keterampilan dalam komunikasi dan manajemen hubungan dalam konteks layanan kesehatan, profesionalisme dan kepemimpinan, pengetahuan kontemporer tentang lingkungan perawatan kesehatan, dan manajemen bisnis rumah sakit. Itulah sebabnya, Magister Kesehatan Masyarakat untuk program Manajemen Rumah Sakit akan cocok untuk direktur rumah sakit, manajer pusat kesehatan masyarakat, pembuat kebijakan rumah sakit, program pelayanan kesehatan di LSM, praktisi layanan kesehatan, administrator layanan kesehatan, konsultan layanan kesehatan, peneliti layanan kesehatan, peneliti, serta menjadi pengajar di perguruan tinggi.

Biaya Pendidikan

Untuk biaya kuliah untuk program ini, Anda dapat melihat daftar ini.

Cara Mendaftar

Anda dapat mengisi pra-pendaftaran ke http://ph.fk.ugm.ac.id/pendaftaran/ atau masuk ke http://um.ugm.ac.id untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran.

GELAR

Masters of Public Health (MPH)

JENIS PROGRAM

Purnawaktu, Paruh waktu (Yogyakarta dan Jakarta)