SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KESEHATAN

Sekilas

Perkembangan sistem informasi di bidang kesehatan mengalami kemajuan pesat dan kebutuhan akan manajemen data di semua organisasi kesehatan pun meningkat. Lulusan program Sistem Informasi Manajemen Kesehatan akan menjawab kebutuhan akan perlunya data dan informasi kesehatan untuk pengambilan keputusan. Program ini merupakan perpaduan sempurna dari bidang manajemen kesehatan masyarakat dan teknologi sistem informasi.

Mahasiswa akan mempelajari peran sistem informasi kesehatan untuk tujuan strategis dan operasional, penelitian, serta strategi yang diperlukan untuk meningkatkan derajat kesehatan.

Tujuan program ini dirancang untuk mendidikan manajer kesehatan dan ‘public health leaders’ agar bisa meningkatkan keunggulan layanan dalam sistem informasi kesehatan, termasuk di sistem informasi rumah sakit, dan berbagai inovasi teknologi informasi untuk mendukung kesehatan seperti mobile health, telemedicine dan penerapan big data analytics untuk penyakit.

Informasi Umum

Mulai perkuliahan Agustus 2020
Batas waktu pendaftaran klik disini
Penerimaan 2019 15 siswa
Durasi studi 18-24 bulan
Jenis program Purnawaktu, Paruh waktu (Yogyakarta dan Jakarta)
Gelar kesarjanaan Master of Public Health (MPH)

Anda akan belajar  mata kuliah dasar magister kesehatan masyarakat diikuti oleh serangkaian mata kuliah dalam sistem informasi manajemen kesehatan. Pada akhir studi, Anda diwajibkan menulis tesis untuk mempraktikkan kemampuan Anda menjadi lulusan praktisi berbasis penelitian menggunakan desain metode campuran kuantitatif dan kualitatif. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk mempraktekkan apa yang Anda pelajari dalam magang atau analisis lapangan. Beberapa mata kuliah yang akan Anda ikuti seperti:

  • Informatika Kesehatan
  • Sistem Informasi Geografis untuk Kesehatan Masyarakat
  • Basis Data dan Gudang Data
  • Perencanaan, Pengembangan, dan Evaluasi Sistem Informasi
  • Sistem Pengambilan Keputusan untuk Organisasi Kesehatan
  • Catatan Kesehatan Elektronik
  • Pengkodean untuk Klasifikasi dan Terminologi Kesehatan (opsional)
  • Sistem Informasi Pengawasan (opsional)
  • Bioinformatika (opsional)
dr. Lutfan Lazuardi, MPH, PhD Informatika Kesehatan
Dr (kandidat) Anis Fuad, S.Ked, DEA Sistem Informasi Pengawasan, Sistem Informasi Rumah Sakit.
Dr (kandidat) dr.Guardian Yoki Sanjaya, M.HlthInfo Sistem Informasi Rumah Sakit

Program ini tepat untuk mahasiswa yang bercita-cita untuk menjadi pengembang dan pembaharu sistem informasi kesehatan di pusat pelayanan kesehatan, serta di pemerintahan, dan lembaga pembuat kebijakan kesehatan lainnya. Lulusan dapat menjadi praktisi informatika kesehatan dalam manajemen rumah sakit, juga menjadi pakar berbasis data dan ilmuwan data di Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Serta, untuk menjadi pengajar di bidang sistem informasi dan manajemen kesehatan di perguruan tinggi.

Untuk biaya kuliah untuk program ini, Anda dapat memeriksa daftar ini.

Anda dapat mengisi pra-penerimaan ke http://hpm.fk.ugm.ac.id/admisi/ atau masuk ke http://um.ugm.ac.id untuk informasi lebih lanjut tentang penerimaan.

GELAR

Masters of Public Health (MPH)

JENIS PROGRAM

Purnawaktu, Paruh waktu (Yogyakarta dan Jakarta)