Diskusi Fungsi Musik dalam Proses Belajar

Oleh: Hanifah W

Evaluasi pembelajaran jarak jauh yang dihadapi mahasiswa Program Magister IKM FK-KMK UGM sejak tahun 2020 menjadi kebutuhan untuk mengetahui efektivitas proses belajar. Telah diketahui bahwa musik memiliki peran yang signifikan dalam mendorong efektivitas belajar. Oleh karena Itu Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan mengundang Dosen, mahasiswa dan civitas akademik Program Magister IKM dalam diskusi dengan topik: Fungsi Musik dalam Proses Belajar.

Diskusi ini diselenggarakan secara daring dan disiarkan pada Radio Komunitas Raisa milik IKM FK-KMK UGM. Narasumber yang diundang yaitu Dr. Dra. Heni Kusumawati, M.Pd (Dosen Pendidikan Seni Musik, FBS Universitas Negeri Yogyakarta) dengan moderator Ghitka Nabila selaku penyiar Radio Komunitas Raisa.

Dalam diskusi ini, Ibu Heni Kusumawati menjelaskan berbagai manfaat musik seperti untuk terapi kesehatan, merangsang kerja otak, menghilangkan stress, meningkatkan kreativitas, membangun motivasi, serta meningkatkan fokus, konsentrasi dan daya ingat. Jenis musik baik itu musik bertempo lambat, sedang ataupun cepat akan mempengaruhi respon otak. Genre musik yang dipilih sebagai teman belajar dapat berbeda-beda antar individu tergantung pada generasi yang menikmatinya, disesuaikan dengan genre musik yang biasa didengarkan sehari-hari, serta tergantung preferensi dan apresiasi terhadap musik. Pilih musik yang membuat nyaman, tidak harus mengacu pada genre tertentu. Selain membantu dalam proses belajar, musik juga dapat mendukung berbagai kegiatan seperti olah raga. Musik juga terkait dengan emosi sehingga efek mendengarkan musik juga dipengaruhi oleh mood pendengarnya. Harapannya musik membantu lebih menstabilkan emosi dan menyelesaikan berbagai permasalahan.