Kunjungan STIKES Surya Global Yogyakarta dan Seminar Transformasi 

Digital dari Sudut Pandang Makro dan Rumah Sakit 

Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan

Universitas Gadjah Mada

Pada Senin, 19 Juni 2023, STIKES Surya Global Yogyakarta berkunjung ke Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Universitas Gadjah Mada. Pada kunjungan ini Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan UGM sekaligus mengadakan Seminar dengan topik “ Transformasi Digital dari Sudut Pandang Makro dan Rumah Sakit”.

Acara ini berlangsung selama 2 jam di Auditorium FK-KMK Universitas Gadjah Mada dan dibuka oleh dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D selaku ketua Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Universitas Gadjah Mada, lalu Nor Wijayanti, S.K.M., M.Kes. sebagai moderator, serta Dr. dr. Guardian Yoki Sanjaya, MHlth Info dan dr. Haryo Bismantara, MPH sebagai pemberi materi pada seminar.

Pada seminar tersebut, Dr. dr. Guardian Yoki Sanjaya, MHlth Info menyampaikan bahwa teknologi digital diharapkan mampu memetakan data untuk menggambarkan situasi terutama dibidang kesehatan. Serta dr. Haryo Bismantara, MPH menyimpulkan kedepannya tantangan yang dihadapi dalam transformasi data ialah hospital readiness, kuantitas kualitas dan kapabilitas SDM, kolaborasi yang belum tertata, sistem JKN belum supportif, investasi nasional serta masih adanya regional yang belum mendukung keberlanjutan sistem.