Kuliah Perdana  Prodi Magister Kebijakan dan Manajemen Kesehatan

Senin, 21 Agustus 2023

Pada Senin, 21 Agustus 2023 telah dilaksanakan “Kuliah Perdana Mahasiswa Baru Tahun 2023” yang dihadiri oleh mahasiswa baru dari 3 prodi sekaligus yaitu prodi Magister Kebijakan & Manajemen Kesehatan, Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Magister Ilmu Kedokteran Tropis FK-KMK UGM. Sebagai permulaan acara sambutan diberikan oleh dekan FK-KMK UGM yaitu dr. Yodi Mahendradhata,M.Sc., Ph.D., FRSPH, sambutan kedua oleh Ketua Prodi Magister IKM yaitu Dr. dr. Mubasysyir Hasanbasri, MA sambutan ketiga oleh Ketua Magister KMK yaitu dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D., dan yang terakhir adalah Ketua Prodi Ilmu Kedokteran Tropis yaitu dr. Riris Andono Ahmad, MPH, Ph.D.

Setelah sambutan selesai acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh 3 narasumber. Yang pertama dibawakan oleh Prof. Dra. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D dengan topik materi “Professionalism and Academic Integrity” yang membahas tentang bagaimana mahasiswa dapat membangun academic integrity, academic misconduct, maintain integrity, ethics in social, interaction, daily communication, academic things. Materi selanjutnya dibawakan oleh Dr. Supriyati, S.Sos., M.Kes dengan materi panduan akademik mahasiswa (peraturan, predikat kelulusan, tips menjalani studi S2. Serta dr. Widyandana, MHPE, Ph.D., Sp.M dengan tema “effective learning strategies for online learning Informasi outbond”.

Disela-sela materi yang disampaikan terdapat pula sesi Talkshow antar alumni yang berasal dari 3 prodi (S2 IKM, S2 KMK dan S2 IKT). Sesi ini dimoderatori oleh Anis Fuad, S.Ked., DEA dan untuk para alumni dihadiri oleh Ineka Andi Tabita, S.Gz., MPH., RD, Drg. Emma Rahmi Aryani dari Dinkes Kota Yogyakarta; Fransiska Ambarukmi dari Universitas Jenderal Achmad Yani dan dr. Alida Lienawati, M.Kes. selaku direktur RS Mata dr. YAP. Talkshow dan sesi sharing ini berlangsung dengan lancar.

Sesi terakhir ditutup dengan Kuliah Umum “Diskusi Undang-undang No. 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan” materi ini disampaikan oleh Prof. dr. Laksono Trisnantoro, MSc, PhD yang merupakan salah satu Guru Besar FK-KMK UGM dalam bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat membawakan isu isu terkait Undang-undang Kesehatan Republik Indonesia saat ini, bagaimana Menyongsong era baru reformasi sistem kesehatan, serta komitmen Kementerian Kesehatan Indonesia akan reformasi yang ada untuk kesehatan masyarakat Indonesia. Runtutan acara kuliah perdana berlangsung khidmat, penuh semangat serta penuh keceriaan antara dosen dan juga mahasiswa.

© Copyright - Departemen Kebijakan & Manajemen Kesehatan UGM