General Meeting AeHIN (Asia eHealth Information Network)

Jakarta, 06-09 November 2023 Demo Interoperabilitas Rapat Umum AeHIN merupakan kolaborasi antara AeHIN Community of Interoperability Labs (COIL) dan para ahli internasional untuk menunjukkan pentingnya interoperabilitas sebagai landasan untuk mencapai Cakupan Kesehatan Universal.

Kegiatan ini menyajikan cerita tentang kasus penggunaan imunisasi yang digabungkan dengan Pedoman Cerdas WHO dan alat-alat terkait, yang menghadirkan pelaku dan kontributor langsung. Kemenkes menggunakan teknologi digital untuk memastikan semua anak mendapat imunisasi lengkap dan memantau program imunisasi di dashboard. Kemenkes mengadakan “Lokakarya Konvergensi” untuk mendiskusikan bagaimana mereka akan bekerja sama dan mencapai hasil yang diinginkan.

Acara ini berlangsung selama 4 hari dari 06 sampai 09 November 2023 di Jakarta. Acara ini dihadiri oleh negara-negara sekitar Asia Selatan seperti Bangladesh, Sri Lanka, Nepal, Bhutan, Maldives, dan India, sedangkan dari Asia Tenggara diwakili oleh Thailand dan tak terkecuali Indonesia.

Topik yang diangkat oleh negara Indonesia ialah pertama, terkait komitmen transformasi sistem kesehatan nasional (transformasi 6 pilar). Dalam transformasi kesehatan digital fokus pada integrasi data kesehatan, aplikasi dan ekosistem teknologi. SATU SEHAT sebagai platform nasional untuk integrasi, menggunakan standar interoperabilitas FHIR. Kedua, Digital Health Blueprint: mengintegrasikan data kesehatan berbasis individu, penyederhanaan dan digitalisasi layanan kesehatan, pengembangan inovasi seperti telemedis, AI, pengobatan presisi. 

Terakhir, terkait Rencana masa depan (2025-2029) tentang pengembangan dan pelaksanaan sistem inti NHIS dan arsitektur nasional, penerapan kebijakan dan mekanisme tata kelola data, peningkatan kapasitas untuk kolaborasi lintas pemangku kepentingan. Prodi S2 HPM merupakan salah satu perwakilan dari beberapa universitas yang ada di Indonesia.



© Copyright - Departemen Kebijakan & Manajemen Kesehatan UGM