Bincang dan Temu Alumni Prodi S2 KMK

Sabtu, 20 Januari 2024

Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM mengadakan agenda Bincang dan Temu Alumni yang berlokasi di Meeting Room Hotel Kurateso Kemang, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh dekan FK-KMK UGM yaitu Prof. dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc, Ph.D, FRSPH, dosen, tenaga pendidik, asisten dan alumni S2 Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM.

Dari acara ini alumni diharapkan memberikan masukan untuk pengembangan Prodi S2 KMK sebagai mitra penting Prodi. Prodi S2 KMK berkembang sejak tahun 2019 dengan rencana adanya penambahan minat Manajemen Layanan Primer dan rencana kelas di PIK. Alumni menyoroti pengalaman mereka dan harapan untuk pengembangan Prodi. Mereka menekankan pentingnya fleksibilitas waktu perkuliahan, peningkatan kompetensi bahasa Inggris, dan integrasi isu-isu aktual dalam kurikulum. Alumni juga menyampaikan tantangan di lapangan terkait kebijakan kesehatan dan manajemen layanan primer. Mereka berharap pendidikan lebih memperhatikan isu-isu praktis dan menguatkan keterampilan inovasi.

Saran untuk Pengembangan Kurikulum diantaranya yaitu: Dosen dan pengelola Prodi merespons dengan mencari solusi untuk meningkatkan kualitas kurikulum, memperluas keterlibatan praktisi dalam pembelajaran, dan mendukung entrepreneurship dan inovasi. Adanya Peningkatan Interaksi Alumni dan Mahasiswa: Diskusi juga menyoroti perlunya interaksi yang lebih baik antara alumni dan mahasiswa, serta peningkatan kesempatan bagi praktisi untuk menjadi dosen. Pengembangan Tesis: Alumni menekankan pentingnya membuat tesis yang relevan dan aplikatif, dengan menyoroti isu-isu internasional dan partisipasi dalam konferensi. Diskusi ini mencerminkan komitmen Prodi KMK UGM untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, menyesuaikan diri dengan perkembangan lapangan, dan melibatkan alumni dalam proses pengembangan program studi.

Pada sesi bincang dan temu alumni berlangsung, secara bersamaan diadakan juga information day yang berisi diskusi dengan calon pendaftar prodi S2 HPM. Acara bincang dan temu alumni ini berlangsung dari jam 09.00-12.00 WIB diakhiri dengan foto bersama dan juga makan siang bersama antara pengurus prodi dan alumni HPM.