Prinsip dan Aplikasi untuk Manajemen Rumah Sakit

Sinopsis

Rumah sakit merupakan sebuah lembaga pelayanan kesehatan yang memiliki kompleksitas tinggi. Selain dipengaruhi oleh kondisi eksternal rumah sakit, keberadaan dan peran masing-masing profesi, baik tenaga kesehatan maupun nonkesehatan, memberi warna dinamika tersendiri dalam organisasi rumah sakit. Peran pimpinan dan manajer rumah sakit sangat berpengaruh dalam pencapaian kinerja pelayanan klinis sebagai bisnis utama rumah sakit. Dalam hal ini, penelitian merupakan bagian dari strategi penting rumah sakit untuk mengambil keputusan dalam mengembangkan inovasi manajerial dan klinis, menerapkan dan meningkatkan pemenuhan terhadap berbagai standar, serta memantau dan mengevaluasi outcome kllnis, sistem manajemen, juga pencapaian kinerja lembaga rumah sakit. Penelitian epidemiologis, penelitian klinis, penelitian implementasi, penelitian bisnis, serta bidang keilmuan lainnya dapat seluruhnya diaplikasikan di setting rumah sakit. Untuk itu, diperlukan sebuah buku ajar tentang metode penelitian yang spesifik bagi rumah sakit.

Buku ini memberikan pemahaman komprehensif tentang metode penelitian untuk mendukung pengambilan keputusan berbasis bukti di rumah sakit, baik bukti klinis (evidence-based medicine) maupun bukti manajemen (evidence-based management). Buku ini terdiri dari empat bagian utama, yaitu Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metode Penelitian, dan Buku Kerja, disertai dengan penjabaran dalam bab-bab di setiap bagian dengan jumlah keseluruhan 30 bab. Seluruh bab dalam buku ini secara komprehensif menyajikan prinsip dan aplikasi metode penelitian, mulai dari penentuan topik penelitian hingga komunikasi dan diseminasi hasil penelitian. Sasaran buku ini adalah para pimpinan-manajer rumah sakit, klinisi, akademisi, konsultan, mahasiswa tingkat sarjana dan pascasarjana, serta para peneliti-praktisi rumah sakit. Diharapkan buku ini dapat mendorong penelitian yang dilakukan di setting rumah sakit untukmeningkatkan kinerja klinisdan manajemen rumah sakit.

What’s New for 2018?

Hospital Management Asia (HMA) is an annual regional event for hospital owners, C-level executives, directors, clinicians and healthcare leaders to get insights on worldwide management thinking, best practices and solutions. Leading health executives from around the region meet to exchange and learn ideas on evolving business models, innovation technologies and improvements on management and healthcare systems.

Timeline

13-14 September 2018

Location

Centara Grand at CentralWorld Bangkok, Thailand

Details

Download brochure here
Website: http://www.hospitalmanagementasia.com/Conference

Click here to add your own text