Universitas Gadjah Mada departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Kebijakan dan Manajemen Mutu

Kebijakan dan Manajemen Mutu

  • 11 January 2023, 10.14
  • Oleh: hpm.fk
  • 0

[av_textblock textblock_styling_align=” textblock_styling=” textblock_styling_gap=” textblock_styling_mobile=” size=” av-medium-font-size=” av-small-font-size=” av-mini-font-size=” font_color=” color=” av-desktop-hide=” av-medium-hide=” av-small-hide=” av-mini-hide=” id=” custom_class=” template_class=” av_uid=” sc_version=’1.0′]

Mata Kuliah Kebijakan dan Manajemen Mutu

[/av_textblock]

[av_tab_container initial=’1′ position=’top_tab’ boxed=’border_tabs’ alb_description=” id=” custom_class=” template_class=” av_uid=’av-lcr36gke’ sc_version=’1.0′]
[av_tab title=’Deskripsi’ icon_select=’no’ icon=’ue800′ font=’entypo-fontello’ custom_id=” av_uid=’av-lcr34r6q’ sc_version=’1.0′]

Mata kuliah ini akan memberikan pemahaman tentang pengertian dan konsep-konsep mutu baik secara umum maupun konsep mutu dalam pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan rumah sakit serta pelayanan medik.

Setelah ada pemahaman tentang konsep dan pengertian mutu, berikutnya dijelaskan langkah-langkah yang perlu diambil untuk menghasilkan produk pelayanan yang bermutu beserta cara-cara dan alat-alat (managerial tools) yang berkaitan.

Selain itu diuraikan juga tentang perkembangan upaya peningkatan mutu mulai dari pengertian awal pengendalian mutu (quality control), peningkatan mutu (quality improvement), menjamin mutu (quality assurance)  sampai kepada pengertian tentang manajemen mutu terpadu (total quality management).

Kuliah-kuliah terakhir akan diisi dengan pemecahan masalah, penggunaan Deming Cycle atau PDCA Cycle,  Tujuh Alat Manajemen (seven tools) serta praktikum di rumah sakit.

Mutu pelayanan rumah sakit sangat penting untuk dipahami, dimengerti dan dilaksanakan sebagai budaya yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan pelayanan itu sendiri. Mutu pelayanan tidak hanya terbatas pada pelayanan medis saja tetapi lebih dari itu meliputi semua pelayanan yang diberikan sejak masuk rumah sakit sampai keluar rumah sakit. Perkuliahan meliputi semua aspek mutu pelayanan yang terkait seperti customer related quality, institusional related quality, market related quality dan tools yang digunakan dalam pengendalian mutu

[/av_tab]
[av_tab title=’Luaran’ icon_select=’no’ icon=’ue800′ font=’entypo-fontello’ custom_id=” av_uid=’av-lcr359iz’ sc_version=’1.0′]

Berikut ini adalah hasil pembelajaran yang diharapkan dari mata kuliah Kebijakan dan Manajemen Mutu:

  1. Menganalisis topik yang akan diajarkan tentang safety and quality serta Model Berwick dalam mutu pelayanan kesehatan
  2. Menafsirkan konsep pemberdayaan pasien dan masyarakat dalam pelayanan kesehatan
  3. Merasionalkan konsep manajemen risiko dan keselamatan pasien
  4. Mengkarakteristikkan konsep metode analisis risiko dengan FMEA
  5. Mengkarakteristikkan konsep metode analisis risiko dengan RCA
  6. Membuat garis besar konsep standar dan indicator mulu pelayanan kesehatan
  7. Menganalisis konsep sistem manajemen mutu
  8. Menilai konsep komitmen, tata nilai/budaya mutu, dan kepemimpinan mutu
  9. Memperjelas konsep peningkatan mutu yang berkesinambungan
  10. Membandingkan konsep berbagai model dan piranti dalam peningkatan mutu berkesinambungan
  11. Memecahkan konsep metoda statistika dan perangkat dalam peningkatan mutu
  12. Membuat garis besar konsep utilization review
  13. Membuat garis besar konsep Fraud
  14. Memperjelas konsep sistem informasi untuk peningkatan mutu
  15. Mendeteksi konsep program mutu dan keselamatan dalam pelayanan kesehatan
  16. Mendeteksi konsep kebijakan dan regulasi mutu pelayanan kesehatan tingkat pertama
  17. Mendeteksi konsep kebijakan dan regulasi mutu pelayanan kesehatan tingkat rujukan
  18. Membandingkan konsep model regulasi independen: KARS
  19. Membandingkan konsep model regulasi independent: Badan Mutu Pelayanan Kesehatan, Daerah Istimewa Yogyakarta
  20. Mendeteksi konsep peran kementerian kesehatan dalam pengembangan mutu pelayanan

[/av_tab]
[av_tab title=’Pengampu’ icon_select=’no’ icon=’ue800′ font=’entypo-fontello’ custom_id=” av_uid=’av-lcr35rsm’ sc_version=’1.0′]

Koordinator: Prof. Dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D

Tim Pengajar:

  1. dr. Adi Utarini., MPH., MSc., PhD.,
  2. dr.Hanevi Djasri MARS.,FISQUA
  3. Tjahyono Kuntjoro, MPH, Dr. PH
  4. Dra. Budi Wahyuni, MM, MA
  5. Trisasi Lestari, M. Med.Sc
  6. Puti Aulia Rahma, MPH, CFE
  7. dr. Sutoto. M.Kes

[/av_tab]
[av_tab title=’Topik’ icon_select=’no’ icon=’ue800′ font=’entypo-fontello’ custom_id=” av_uid=’av-lcr36far’ sc_version=’1.0′]

  1. Pengantar mata kuliah: Safety and Quality serta Model Berwick dalam mutu pelayanan kesehatan”
  2. Pemberdayaan pasien dan masyarakat dalam pelayanan kesehatan
  3. Manajemen risiko dan keselamatan pasien
  4. Metoda analisis risiko dengan FMEA
  5. Metoda analisis risiko dengan RCA
  6. Standard dan indicator mutu pelayanan kesehatan
  7. Sistem manajemen mutu
  8. Komitmen, tata nilai/budaya mutu, dan kepemimpinan mutu
  9. Peningkatan mutu yang berkesinambungan
  10. Berbagai model dan piranti dalam peningkatan mutu berkesinambungan
  11. Metoda statistic dan perangkat dalam peningkatan mutu
  12. Utilization Review
  13. Fraud
  14. Sistem informasi untuk peningkatan mutu
  15. Program mutu dan Keselamatan dalam Pelayanan Kesehatan
  16. Kebijakan dan regulasi mutu pelayanan kesehatan tingkat pertama
  17. Kebijakan dan regulasi mutu pelayanan kesehatan tingkat rujukan
  18. Model regulasi independen: KARS
  19. Model Regulasi Independen:  Badan Mutu Pelayanan Kesehatan, Daerah Istimewa Yogyakarta
  20. Peran Kementerian Kesehatan dalam Pengembangan Mutu Pelayanan

[/av_tab]
[/av_tab_container]

Universitas Gadjah Mada

DEPARTEMEN KEBIJAKAN DAN MANAJEMEN KESEHATAN

UNIVERSITAS GADJAH MADA

Jl. Farmako, Sekip Utara, Yogyakarta 55281

Email: hpm.fk@ugm.ac.id

Telp. +62 (274) 542900, 547659

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY