Mata Kuliah Kebijakan dan Manajemen Mutu

Mata kuliah ini akan memberikan pemahaman tentang pengertian dan konsep-konsep mutu baik secara umum maupun konsep mutu dalam pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan rumah sakit serta pelayanan medik.

Setelah ada pemahaman tentang konsep dan pengertian mutu, berikutnya dijelaskan langkah-langkah yang perlu diambil untuk menghasilkan produk pelayanan yang bermutu beserta cara-cara dan alat-alat (managerial tools) yang berkaitan.

Selain itu diuraikan juga tentang perkembangan upaya peningkatan mutu mulai dari pengertian awal pengendalian mutu (quality control), peningkatan mutu (quality improvement), menjamin mutu (quality assurance)  sampai kepada pengertian tentang manajemen mutu terpadu (total quality management).

Kuliah-kuliah terakhir akan diisi dengan pemecahan masalah, penggunaan Deming Cycle atau PDCA Cycle,  Tujuh Alat Manajemen (seven tools) serta praktikum di rumah sakit.

Mutu pelayanan rumah sakit sangat penting untuk dipahami, dimengerti dan dilaksanakan sebagai budaya yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan pelayanan itu sendiri. Mutu pelayanan tidak hanya terbatas pada pelayanan medis saja tetapi lebih dari itu meliputi semua pelayanan yang diberikan sejak masuk rumah sakit sampai keluar rumah sakit. Perkuliahan meliputi semua aspek mutu pelayanan yang terkait seperti customer related quality, institusional related quality, market related quality dan tools yang digunakan dalam pengendalian mutu