Sesi 1 Pendekatan perilaku sosial dalam kesehatan masyarakat, pemikiran transdisiplinari, dan kompleksitas ilmu perilaku sosial

Dosen Pengampu : Prof. Dra. Yayi Suryo Prabandari, M.Si, PhD

Tujuan Pembelajaran

  • Memahami secara rasional untuk mempelajari perilaku sosial dengan pendekatan kesehatan masyarakat
  • Memahami perilaku sosial yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat secara menyeluruh
  • Menjelaskan pengaruh dari hirarki kesehatan
  • Memahami kompleksitas kesehatan melalui hirarki kesehatan
  • Menjelaskan definisi, rasional, dan tahapan pemikiran transdisiplinari  dalam kajian sosial kesehatan serta kaitan dengan manajemen kesehatan

Sumber Pustaka

  1. Higginbotham, N., Albrecht, G. & Connor, L., 2001. Health Social Science: A transdisciplinary and Complexity Perspective, South Melbourne: Oxford University Press (chapter 1,2 and 3)

Sesi 2 Teori perilaku untuk mempelajari perilaku sehat dan perilaku tidak sehat dan perilaku manusia secara individu, kelompok organisasi, dan masyarakat

Dosen Pengampu : Prof. Dra. Yayi Suryo Prabandari, M.Si, PhD

Tujuan Pembelajaran

  • Memahami perilaku manusia
  • Menjelaskan perbedan antar model dan teori
  • Mengevaluasi peran model dan teori dalam membentuk perilaku sehat
  • Memahami konsep teori seperti  the social cognitive theory, the health belief model, the transtheoretical model of behavior change, and the theory of planned behavior
  • Menjelaskan perubahan model dan teori seiring perubahan waktu dan penyesuaian dengan perubahan perilaku

Sumber Pustaka

  1. Snelling, A. ed., 2014. Introduction to Health Promotion, San Francisco: Jossey-Bass

Sesi 3 Pendekatan berdasarkan prinsip utama ilmu antropologi untuk memahami kesehatan

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Retna Siwi Padmawati, MA

Tujuan Pembelajaran

  • Memahami antropologi kesehatan
  • Memahami antropologi dan teori antropologi kesehatan
  • Memahami ekologi kesehatan dan penyakit
  • Memahami ketergantungan teori ekonomi politik dalam kesehatan dari sudut pandang antropologi
  • Mengenali sudut pandang antropologi dalam jaminan kesehatan

Sumber Pustaka

  1. Geest, Sjaak van der; Rienks, Ari (1998) The Art of Medical Anthropology. Readings. Amsterdam, Het Spinhuis. Universiteit van Amsterdam
  2. Hahn, Robert A. and Marcia Inhorn (eds.) (2010) Anthropology and Public Health, Second Edition: Bridging Differences in Culture and Society.Oxford University Press
  3. Moore, Henrietta L.  1999,  Anthropological theory today / edited by Henrietta L. Moore  Polity Press Cambridge

Sesi 4 Pendekatan berdasarkan prinsip utama ilmu sosiologi untuk memahami kesehatan

Dosen Pengampu : Dr. Supriyati, S.Sos., M.Kes

Tujuan Pembelajaran

  • Memahami fakta sosial, meliputi: teori strukturan fungsionalisme, teori konflik, teori sistem, dan teori utama dalam sosiologi
  • Memahami definisi sosial, meliputi: action theory, symbolic interactionism theory, dan phenomenology theory
  • Memahami perilaku sosial, meliputi: perilaku sosiologi dan exchange theory
  • Memahami konsep dan praktik sosiologi kesehatan
  • Menganalisis jaminan kesehatan dalam perspektif sosiologi

Sumber Pustaka

  1. Ritzer.G, 2014. Sosiologi: Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Translated by Alimandan. Rajawali press.Jakarta (Chapter 2,3,and 4)

Sesi 5 Determinan sosial kesehatan, kesetaraan, dan program kesehatan masyarakat

Dosen Pengampu : Dr. dr. Mubasysyir Hasanbasri, MA

Tujuan Pembelajaran

  • Mengenali determinan sosial kesehatan sebagai inti dari promosi kesehatan dan perencanaan program kesehatan
  • Menganalisis kerangka konseptual dan perencanaan program dengan tahapan yang spesifik untuk mencapai kesetaraan guna meningkatkan efektivitas
  • Menganalisis determinan kesehatan dan pengembangan kebijakan berwawasan kesehatan

Sumber Pustaka

  1. Blas, E., Sommerfeld, J. & Kurup, A.S. eds., 2011. Social determinants approaches to public health: from concept to practice, Geneva: World Health Organization

Sesi 6 Teori komunikasi dan perubahan perilaku serta mengaplikasi teori tersebut terhadap kebijakan pengendalian tembakau

Dosen Pengampu : Prof. Dra. Yayi Suryo Prabandari, M.Si, PhD

Tujuan Pembelajaran

  • Mengevaluasi peran model dan teori perubahan perilaku
  • Menjelaskan konsep social cognitive theory, the health belief model, the transtheoretical model of behavior change, and the theory of planned behavior
  • Evaluasi peran model dan teori perubahan perilaku kesehatan dari KIE (Komunikasi, informasi, dan edukasi) hingga kebijakan
  • Menilai komunikasi perubahan perilaku / BCC
  • Mendiskusikan cara model dan teori seiring dengan perubahan perilaku kesehatan
  • Menggambarkan determinan kesehatan terkait pengendalian tembakau
  • Menilai trans-theoretical model perubahan perilaku sebagai prinsip dasar penghentian tembakau
  • Menilai hambatan dalam program pengghentian tembakau dan praktik terbaik untuk berhenti merokok
  • Mengevaluasi kebijakan yang telah diberlakukan untuk membatasi penggunaan tembakau

Sumber Pustaka

  1. Snelling, A. ed., 2014. Introduction to Health Promotion, San Francisco: Jossey-Bass
  2. Browning, C.,Thomas,S.A., Models of Behaviour Change and Health Promotion. Browning, C.J. & Thomas, S.A. eds., 2005. Behavioural Change : An Evidence-based Handbook for Social and Public Health, Sydney: Elsevier Inc
  3. Soerojo, W. & Budiantoro, S., Indonesia Report Card: Status of Tobacco Use and Its Control, Bangkok

Sesi 7 Paradigma baru dan penggunaan teknologi pada promosi kesehatan

Dosen Pengampu : Dr. Fatwa Sari Tetra Dewi, MPH, PhD

Tujuan Pembelajaran

  • Mengidentifikasi penyebab utama kematian di Indonesia dan tren kesehatan terkait penyakit kronis selama pertengahan abad ke dua puluh
  • Membedakan pelayanan primer, sekunder, dan tersier
  • Membandingkan faktor resiko yang dapat dimodifikasi dan tidak
  • Mendeskripsikan pengaruh hukum layanan federal dalam improvisasi gaya hidup sehat
  • Menganalisis manfaat teknologi terkini untuk mempromosikan kesehatan
  • Mengidentifikasi berbagai media untuk mempromosikan kesehatan

Sumber Pustaka

  1. Snelling, A. ed., 2014. Introduction to Health Promotion, San Francisco: Jossey-Bass.

Sesi 8 Dimensi aspek sosial budaya pada kesehatan, kesakitan, dan perspektif gender

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Retna Siwi Padmawati, MA

Tujuan Pembelajaran

  • Menjelaskan persepsi masyarakat terhadap kesehatan dan penyakit
  • Memberikan ulasan tentang cara menilai persepsi dan mengembangkan penelitian terkait kesehatan dan penyakit
  • Mendiskusikan epidemiologi dan antropologi terkait kesehatan dan penyakit
  • Menganalisis perspektif gender dalam pemahaman kesehatan dan budaya dan kebijakan
  • Memahami pedoman untuk intervensi transdisiplinari

Sumber Pustaka

  1. Brown, J.B., Inhon, Marcia.C., Smith, D.J., 1996. Disease, Ecology, and Human Behavior. In Sargent, C.F. & Johnson, T.M. eds., 1996. Medical Anthropology: Contemporary Theory and Method ( Revised Edition), Westport, Connecticut: Praeger Publisher

Sesi 9 Perubahan sosial dan peran organisasi kesehatan, pelayanan, dan kinerja

Dosen Pengampu : Dr. dr. Mubasysyir Hasanbasri, MA

Tujuan Pembelajaran

  • Menganalisis desentralisasi dan dampaknya terhadap penyediaan layanan kesehatan di Indonesia
  • Mengidentifikasi pergerakan organisasi dan pelayanan kesehatan
  • Menilai layanan kesehatan modern, sistem hukum, dan sistem keuangan
  • Mengenali gambaran umum model tenaga kerja
  • Menghubungkan rencana tenaga kerja dan tempat kerja
  • Membedakan determinan kebutuhan tenaga kerja dan persediaan tenaga kerja

Sumber Pustaka

  1. Kristiansen, S. & Santoso, P., 2006. Surviving decentralization? Impacts of regional autonomy on health service provision in Indonesia. Health Policy, 77(3), pp.247–259
  2. World Health Organization, 2010. Models and tools for health workforce planning and projections, Geneva: World Health Organization

Sesi 10 Gerakan masyarakat dan aplikasi teori ekologi dalam bagian topik promosi kesehatan  masyarakat : kasus Pemberdayaan masyarakat dan kebijakan lokal untuk mengatasi PTM

Dosen Pengampu : Dr. Fatwa Sari Tetra Dewi, MPH, PhD

Tujuan Pembelajaran

  • Menghubungkan konsep pemberdayaan masyarakat dalam program promosi kesehatan
  • Menilai konsep pemberdayaan masyarakat dalam sistem pelayanan kesehatan
  • Mengevaluasi praktik pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan metodologi, penilaian, dan peran organisasi masyarakat dalam pengembangan promosi kesehatan
  • Menilai situasi pemberdayaan masyarakat terkini dan kecenderungan perkembangan di masa depan

Sumber Pustaka

  1. Laverack, G., 2009. Community Empowerment with Case Studies from the South-East Asia Region. Geneva: WHO

Sesi 11 Perilaku sosial terkait kesehatan masyarakat pada berbagai isu kesehatan internasional dan global (kasus dan stigma pada penyakit menular  AIDS dan TB)

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Retna Siwi Padmawati, MA

Tujuan Pembelajaran

  • Meninjau kepemimpinan teknis dan panduan untuk menginformasikan dan mengembangkan strategi dan kebijakan terkait kesehatan global
  • Mengelola pengembangan dan penggunaan data berdasarkan temuan ilmiah yang telah terbukti untuk gerakan kesehatan masyarakat
  • Mengidentifikasi metode untuk menguatkan kemampuan suatu negara untuk mencapai kesehatan global
  • Menilai kepemimpinan untuk mengembangkan dan implementasi pemberantasan penyakit
  • Mendiskusikan penyampaian intervensi kesehatan masyarakat yang setara
  • Menilai pengaruh jesehatan global melalui koordinasi, integrasi program, dan kemitraan
  • Menilai pemantauan dan evaluasi program untuk mengukur pengaruh dan efektivitas

Sumber Pustaka

  1. Centers for Disease Control and Prevention, 2012. CDC Global Health Strategy 2012-2015

Sesi 12 Perilaku sosial terkait isu tertentu pada kesehatan masyarakat (disampaikan pada setiap departemen)