Raisa (Radio Indonesia Sehat) sebagai Upaya Mendekatkan Kampus UGM ke Rumah

Oleh: Hanifah W

Pandemik Covid-19 menyebabkan Prodi S2 IKM melakukan pembelajaran secara daring (distance education). Kelompok yang paling terkena adalah mahasiswa baru S2 IKM angkatan 2020 yang akan tidak datang di kampus pada semester 1. Situasi ini memberikan tantangan kepada pengelola agar dapat mengelola mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu alat pengelolaan adalah mendirikan Radio Komunitas S2 IKM yang akan menghubungkan para mahasiswa, dosen, dan alumnusnya di seluruh pelosok Indonesia dan dunia dengan kampus UGM secara harian.

Radio komunitas dengan nama ‘Raisa (Radio Indonesia Sehat)’ ini dimiliki, dikelola dan diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan dan alumnus Prodi S2 IKM FK-KMK UGM. Tujuan radio komunitas ini adalah untuk mendekatkan kehidupan komunitas S2 IKM terutama mahasiswa di tempat yang jauh dengan kehidupan kampus. Radio komunitas memiliki tujuan spesifik:

  1. Menyiarkan penjadwalan proses pendidikan;
  2. Memberikan tempat untuk komunikasi pendidikan secara teratur, termasuk pengumuman-penguman akademik;
  3. Menjadi platform untuk diskusi ilmiah dan diskusi sosial melalui podcast atau webinar.
  4. Mendukung kegiatan-kegiatan sosial mahasiswa yang dapat diikuti dari jauh misalnya: memfasilitasi olah raga bersama, promosi kesehatan, menonton konser musik, dan berbagai kegiatan mengurangi stres sebagai mahasiswa, dan lain-lain;
  5. Menjadi teman belajar dengan pemilihan musik yang tepat;

Radio ini disiarkan setiap hari Senin-Sabtu pukul 07.00 – 19.00 WIB. Program utama radio terdiri dari Healthy Morning (pukul 07.00-08.00 WIB) untuk memberikan semangat kepada mahasiswa untuk memulai hari belajar dan memberikan pengumuman-pengumuman termasuk penjadwalan. Program Healthy Lunch (pukul 12.00 – 13.00 WIB) bertujuan memberikan suasana istirahat dengan berbagai kegiatan baik perkenalan dosen atau komunitas S2 IKM, berita nasional/lokal, tips kesehatan dan lain-lain. Program Healthy Evening (pukul 17.00 – 19.00 WIB) bertujuan untuk memberikan suasana pendampingan untuk belajar mandiri dengan materi topik-topik ringan, berita nasional/lokal, tips kesehatan, info wisata dan kuliner. Selain itu, terdapat berbagai program khusus seperti kuliah bersama, soft skills, olah raga dan live music. Berbagai genre musik akan disajikan disela-sela program meliputi current hits, yerterday hits, dan oldiest.