Bedah Buku #1 Kesehatan Global

Oleh : Lia Rahmawati

Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan serta Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat FK-KMK UGM telah menyelenggarakan Bedah Buku #1 terkait “Kesehatan Global” yang diselenggarakan dalam dua tahap. Tahap I dilaksanakan pada hari Rabu, 7 Oktober 2020 pukul 15.30-16.30 WIB, dan tahap II dilaksanakan pada hari Rabu 21 Oktober 2020 pukul 13.00-14.00 WIB. Pada tahap I bertujuan untuk mengenalkan buku kepada para pembaca untuk membaca terlebih dahulu, kemudian pada tahap II akan mengundang pembahas untuk berdiskusi dan tanya jawab terkait isi buku lebih dalam.

Kegiatan dibuka dengan pengantar Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. selaku Kepala Departemen Kebjakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM untuk menyampaikan makna dan intisari dari kegiatan “Bedah Buku” yang akan rutin diadakan oleh Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan. Kemudian diskusi dipandu oleh Dr. Diah Ayu Puspandari, Apt., M.Kes. selaku moderator yang akan memberikan dan menanyakan pandangan serta makna unik dari buku “Kesehatan Global” yang akan diulas langsung oleh sang penulis buku Dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., Ph.D. Pengulasan lebih mendalam akan dikembangkan dengan cukup tajam oleh Dr. Poppy Sulistyaning Winanti, S.IP., M.PP. selaku pembahas.

Buku “Kesehatan Global” ini merupakan buku ketiga yang ditulis langsung oleh dr. Yodi Mahendradhata, M.sc., Ph.D., setelah buku Republic of Indonesia Health System Review dan Manajemen Program Kesehatan. Pada kesempatan ini, dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., Ph.D. menyampaikan bahwa inspirasi ditulisnya buku “Kesehatan Global” ini yaitu belum adanya buku ajar yang bisa dijadikan sumber untuk belajar bagi para mahasiswa terutama di Indonesia, karena selama ini sumber-sumber buku mengenai Global Health hanya berasal dari luar negeri, sehingga hal tersebut menjadi kendala dan kemudian menjadikan motivasi dibuatnya buku ini sebagai alternatif sumber belajar bagi mahasiswa. Selain itu, pesan utama yang disampaikan dari buku ini yang pertama dan perlu digaris bawahi bahwasannya dunia kita ini adalah sesuatu yang interconnection, artinya dunia kita semakin terkoneksi globalisasi dan sebagainya, dan yang kedua jika ingin memahami masalah-masalah yang kita hadapi di kesehatan global, salah satu perspektif yang bisa menjelaskan adalah perspektif political ekonomi, karena jika kita tidak menggunakan persepektif tersebut, akan banyak hal yang sulit untuk dipahami karena sebagian besar fenomena yang ada bukan dilatari oleh hal-hal yang sifatnya teknis kesehatan akan tetapi lebih banyak unsur-unsur poltik dan ekonomi.

Pembahasan lebih tajam di sampaikan oleh Dr. Poppy Sulistyaning Winanti, S.IP., M.PP. selaku pembahas yang memaparkan bahwa buku Kesehatan Global ini meng-highlight kembali pentingnya pendekatan keilmuan yang saling beragam dan kemudian bisa mencermati satu fenomena bersama sehingga mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif.

Acara ini terbuka untuk Mahasiswa Program Magister IKM, Alumni Program Magister IKM FKKMK UGM, dan Peserta Umum.

Hasil pembahasan oleh Dr. Poppy Sulistyaning Winanti, S.I.P., M.PP. dapat Anda unduh di link di bawah ini

Bedah Buku #1 Tahap 1

Bedah Buku #1 Tahap 2