BreaK (Bicara tentang Kualitatif) Sesi #3 Kualitas Penelitian Kualitatif (COREQ dan guideline lain) – Prof. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D

Oleh: Lia Rahmawati

Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM, telah menyelenggarakan agenda mingguan BreaK (Bicara tentang Kualitatif) yang dilaksanakan via daring melalui aplikasi Zoom pada Jum’at, 23 April 2021, Pukul: 14.00-15.00 WIB dengan Topik: “Kualitas Penelitian Kualitatif (COREQ dan guideline lina”. Narasumber untuk BreaK sesi #3 yaitu Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D, dan acara dipandu oleh Dr. Trisasi Lestari, M.Med.Sc. selaku moderator, serta Ghitka Nabila selaku MC.

Dalam pengantarnya Ibu Trisasi selaku moderator mengungkapkan bahwa penelitian kualitatif dari tahun ke tahun semakin meningkat tren nya. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan jumlah penelitian kuantitatif gap nya masih terbilang besar. Salah satu alasan yang sering muncul yaitu karena masih banyak peneliti-peneliti yang ragu untuk menggunakan penelitian kualitatif dan mempertanyakan mutunya karena terkait sifat dari penelitian kualitatif yang terdapat unsur subjektif. Disini kita dapat belajar mengenai bagaimana kita dapat menjelaskan dan dapat merancang penelitian kualitatif yang bermutu dengan menggunakan standar-standar tertentu.

Dalam pembahasannya Prof. Uut menyampaikan bahwa topik mengenai kualitas penelitian kualitatif merupakan topik yang sangat penting terkait bagaimana kita menunjukkan bahwa sebenarnya ini merupakan kinds of research design yang memang membutuhkan sebuah standar untuk memastikan menunjukkan kualitas dari pelaporan tersebut.

Untuk pembahasan lebih lanjut dapat diakses pada video youtube HPM FK UGM berikut, dan materi pembahasan Prof. Adi Utarini, M.Sc., MPH.,Ph.D dapat Anda unduh di link dibawah ini

Opening
Pembukaan oleh MC
Pembukaan oleh Moderator Dr. Trisasi Lestari, M. Med.Sc
Pembukaan oleh Prof.dr.Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D
Penyampaian Materi Kualitas penelitian kualitatif (COREQ, dan guideline lain)
Sesi Diskusi
Persembahan Musik dari Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D
Credit

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *