Bedah Buku #7 Learning Health System: pathways to progress – Prof. dr. Laksono Trisnantoro, MSc, PhD

Oleh: Lia Rahmawati

Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM telah menyelenggarakan Bedah Buku #7 dengan judul buku “Learning Health Systems: pathways to progress” pada hari Rabu, 27 Oktober 2021 mulai pukul 15.30-16.30 WIB melalui media online meeting zoom. Diskusi dibuka dan dipandu oleh dr. Haryo Bismantara, MPH selaku moderator, memberikan dan menanyakan pandangan buku “Learning Health Systems: pathways to progress” yang diulas langsung oleh Prof. dr. Laksono Trisnantoro, MSc, PhD. Pengulasan lebih mendalam dikembangkan dengan cukup tajam oleh Pungkas Bahjuri Ali S.TP, MS, PhD.

Dalam pembahasannya, Prof. dr. Laksono Trisnantoro, MSc, PhD. mengatakan bahwa buku ini diharapkan  menjadi penyemangat belajar, karena dalam kehidupan sehari-hari kita sering membahas tentang sistem. Learning Health system merupakan suatu issue yang penting untuk di pelajari, terutama dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini. Mempelajari suatu sistem, tentu saja mempelajari suatu progress yang dinamis yang dapat kita ukur, seperti judulnya yaitu pathway to progress. Dengan kedudukan sebagai mahasiswa sekalipun mempunyai hak dalam sistem kesehatan yang syah.

Pada isi buku ini ada berbagai fungsi dalam sistem kesehatan yang harus dilaksanakan, salah satunya pembelajaran yang dapat dibentuk untuk merubah metode pembelajaran. Dalam mempelajari health system, akan muncul pertanyaan mengapa kita membutuhkannya, yaitu untuk meningkatkan kinerja, sebagai improvement, selanjutnya menjadi inovasi yang akan membawa bagian dari kelompok menjadi lebih baru. Untuk mendukung kemampuan diri, supaya dapat memanfaatkan kemampuan semaksimal mungkin.

Pada buku ini, terdapat berbagai draft kasus yang menjelaskan loop learning health system. Pada pembukaan, terdapat penjelasan tentang people dan equity. Bagian dua akan melihat konsep learning health system. Bagian ketiga mempelajari mengenai the need for learning health system. Bagian keempat mengenai building learning health system. Terakhir pada bagian kelima mengenai tinjauan lanjut pembelajaran.

Pembukaan oleh MC Ni Galuh Purwanti
Pembukaan oleh Moderator dr. Haryo Bismantara, MPH
Pembukaan oleh Narasumber Prof. dr. Laksono Trisnantoro, MSc, PhD
Pemaparan materi oleh Narasumber Prof. dr. Laksono Trisnantoro, MSc, PhD
Pemaparan materi oleh Pembahas Pungkas Bahjuri Ali S.TP, MS, PhD
Sesi Diskusi
Penutup
Credit

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.