Bedah Buku #8 COVID-19 Health System Response Monitor: Indonesia – dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc, PhD, FRSPH

Oleh: Lia Rahmawati

Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM telah menyelenggarakan Bedah Buku #8 dengan judul buku “COVID-19 Health System Response Monitor: Indonesia” pada hari Rabu, 3 November 2021 mulai pukul 15.30-16.30 WIB melalui media online meeting zoom. Diskusi dibuka dan dipandu oleh dr. Tiara Marthias, MPH, PhD selaku moderator, memberikan dan menanyakan pandangan buku “COVID-19 Health System Response Monitor: Indonesia” yang diulas langsung oleh dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc, PhD, FRSPH. Pengulasan lebih mendalam dikembangkan dengan cukup tajam oleh Firman Witoelar, PhD.

Dalam pembasannya, dr. Yodi mengungkapkan mengenai preventing transmission. Di Indonesia banyak kebijakan darurat yang digunakan pada saat pandemi seperti sekarang ini. Dan tentu saja dengan menggunakan referensi yang juga di diskusikan bersama WHO Indonesia, tim peneliti dan para analis kebijakan. Point penting juga adalah mengenai ketersediaan SDM Kesehatan yang ada di Indonesia. Selanjutnya mengenai  Relawan atau volunteer yang membantu pada saat pandemi di Indonesia. Terdapat glosarium mengenai istilah-istilah yang berubah selama masa pandemi. Peran pemerintah sangat berpengaruh, terutama dalam menangani ekonomi dan kesehatan.

Bapak Firman, selaku pembahas juga menyampaikan pendapatnya terkait isi buku “COVID-19 Health System Response Monitor: Indonesia”. Beliau mengungkapkan bahwa pembuatan buku tersebut sangat bagus, dengan bentuk laporan yang mudah di mengerti oleh para pembaca. Dengan adanya beberapa summary yang membantu para pembaca untuk mengerti lebih cepat mengenai isi buku. Gambaran mengenai laporan dalam bentuk buku ini sangat bagus dengan mengandalkan data yang ada dan dengan cepat tanggap dapat mendokumentasikan kejadian pada saat pandemi. Respon pemerintah pada saat pandemi juga di bahas pada buku ini, dan buku ini akan sangat menarik untuk dijadikan referensi bagi para peneliti.

E-book “COVID-19 Health System Response Monitor: Indonesia” dan materi pembahasan Bapak Firman Witoelar, PhD. dapat Anda unduh di link dibawah ini.

Opening
Pembukaan oleh MC Ni Galuh Purwanti
Pembukaan oleh Moderator dr. Tiara Marthias, MPH, PhD
Pemaparan materi oleh Narasumber dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc, PhD, FRSPH
Pemaparan materi oleh Pembahas Firman Witoelar, PhD
Sesi Diskusi
Penutup
Credit

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *