Kuliah Terbuka “Transformasi Digital Kesehatan: Rekam Medis Elektronik di Fasilitas Kesehatan”

Prodi Magister Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM berkolaborasi dengan Departemen PKIP Prodi S1 Kesmas Universitas Lambung Mangkurat mengadakan Kuliah Terbuka pada Selasa, 30 Mei 2023. Tema yang diangkat adalah tentang Transformasi Digital Kesehatan dengan fokus utama merujuk pada materi Rekam Medis Elektronik di Fasilitas Kesehatan.

Narasumber dalam Kuliah Terbuka ini adalah Dr. dr. Guardian Yoki Sanjaya, MhlthInfo selaku dosen program peminatan SIMKES, prodi magister Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK KMK UGM. Pemandu kuliah terbuka selaku moderator adalah Vina Yulia Anhar, SKM. MPH selaku dosen PKIP Prodi S1 Kesmas Universitas Lambung Mangkurat.

Berbagai pertanyaan yang muncul dalam Kuliah Terbuka ini dijawab secara komprehensif oleh narasumber, hasil diskusinya antara lain:

  • Bagaimana peran telemedicine, apakah dapat membantu mengurangi LOS pengobatan penyakit akut ataupun kronis? dan bagaimana pemanfaatan data untuk aksi promotif dan preventif? Bagaimana upaya yang bisa dilakukan agar bisa mendukung implementasi digital transformasi dalam kegiatan Promosi Kesehatan yang dilakukan, khususnya pada masyarakat yg terbatas akses internet.  
  • Tanggapan narasumber: Jika dilihat secara teori, telemedicine dibedakan menjadi sinkronus dan asinkronus. Sebenarnya tidak hanya telemedicine, tetapi juga mobile health/reminder minum obat/scheduling/sistem secara otomatis banyak yang sudah dikembangkan dan diimplementasikan di suatu tempat. Hal tersebut dapat menjadi peluang. Teknologi hanya membantu, faktor pasien sendiri yang lebih mempengaruhi seperti kesadaran, dll. Tetapi, teknologi menjadi peluang untuk meningkatkan pemanfaatan dalam upaya promotif dan preventif. Perlu adanya kajian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut

Acara kuliah Terbuka ini juga menyajikan materi sosialisasi prodi magister Kebijakan dan Manajemen Kesehatan yang dibawakan oleh Lusha Ayu Astari, SKM., MPH. 

Secara singkat disampaikan bahwa sebelumnya prodi Kebijakan dan Manajemen Kesehatan tergabung dengan Prodi IKM (Ilmu Kesehatan Masyarakat) FK KMK UGM. Sejak 2019, Prodi KMK berdiri sendiri dengan 4 minat yaitu:

  • MMR (Manajemen Rumah Sakit)
  • KPMAK (Kebijakan Pembiayaan dan Manajemen Asuransi Kesehatan)
  • KMPK (Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan) 
  • SIMKES (Sistem Informasi Manajemen Kesehatan)

Kini prodi KMK telah terakreditasi unggul dengan masa studi adalah 4 semester dan gelar yang akan diraih adalah Master of Health Policy and Management (MHPM).

© Copyright - Departemen Kebijakan & Manajemen Kesehatan UGM