Bedah Buku #3 Arsitektur Jaminan Kesehatan Indonesia

Oleh: Lia Rahmawati

Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM telah menyelenggarakan Bedah Buku #3 yang diadakan dalam dua tahap. Tahap pertama diselenggarakan pada Hari Rabu, 4 November 2020 yang bertujuan untuk mengenalkan buku agar menarik pembaca untuk membaca buku terlebih dahulu, dan tahap kedua diselenggarakan pada Hari Rabu, 18 November 2020 yang bertujuan untuk membahas dan berdiskusi lebih dalam terkait isi buku “Arsitektur Jaminan Kesehatan Indonesia.

Kegiatan dibuka dengan pengantar dari Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. selaku Kepala Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM, serta selaku moderator pada diskusi Bedah Buku  “Arsitektur Jaminan Kesehatan Indonesia” yang akan diulas langsung oleh sang penulis dr. Ahmad Fuady, Ph.D. Pengulasan lebih mendalam dikembangkan dengan cukup tajam oleh Muttaqin, MPH., AKK. (Anggota DJSN RI dan Dosen KPMAK UGM) selaku pembahas.

Menurut penulis dr.Ahmad Fuady, Ph.D. buku “Arsitektur Jaminan Kesehatan Indonesia” berbeda dengan buku asuransi, jaminan kesehatan, ataupun buku tentang BPJS yang telah ada dipasaran. Buku ini merangkum topik jaminan kesehatan dari A sampai Z secara ringkas, dimulai dengan pengantar kondisi Indonesia dan tantangan kesehatan masa depan. Selain itu, buku ini juga membahas teori pembiayaan kesehatan, perjalanan panjang reformasi jaminan kesehatan sosial dari sisi sejarah dan politiknya, serta pencapaian, kritik dan opsi solusi terhadap permasalahan JKN. Penulis juga menyampaikan bahwa buku “Arsitektur Jaminan Kesehatan Indonesia” ini layak sebagai buku ajar bagi dosen dan mahasiswa, dan akan menjadi bahasan penting bagi akademisi dan peneliti, serta para praktisi layanan kesehatan, pemerhati kebijakan kesehatan, serta pemegang kebijakan dari level kota/kabupaten hingga nasional.

Buku “Arsitektur Jaminan Kesehatan Indonesia” memiliki tiga bagian. Bagian yang pertama membahas mengenai Indonesia dan tantangan kesehatan, konsep pembiayaan kesehatan, dan jaminan kesehatan semesta. Pada bagian kedua membahas tentang menuju jaminan kesehatan nasional: Sejarah dan Politik. Kemudian yang terakhir yaitu pada bagian ketiga, membahas mengenai jaminan kesehatan nasional: Capaian dan tantangan, berbicara soal layanan primer, layanan sekunder dan tersier.

Acara ini terbuka untuk Mahasiswa Program Magister IKM, Alumni Program Magister IKM FK-KMK UGM, dan Peserta Umum.

Hasil Pembahasan oleh dr. Ahmad Fuady, Ph.D. dapat Anda unduh di link di bawah ini.

Bedah Buku #3 Tahap 1

Bedah Buku #3 Tahap 2

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.