Bedah Buku #2 Manajemen Strategis Organisasi Pelyanan Kesehatan

By: Lia Rahmawati

Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan serta Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat FK-KMK UGM telah menyelenggarakan Bedah Buku #2 terkait “Manajemen Strategis Organisasi Pelayanan Kesehatan” yang diselenggarakan dalam dua tahap. Tahap I dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Oktober 2020 pukul 15.30-16.30 WIB, dan tahap II dilaksanakan pada hari Rabu 25 November 2020 pukul 16.00-17.20 WIB. Pada tahap I bertujuan untuk mengenalkan buku kepada para pembaca untuk membaca terlebih dahulu, kemudian pada tahap II akan mengundang pembahas untuk berdiskusi dan tanya jawab terkait isi buku lebih dalam.

Kegiatan dibuka dengan pengantar Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. selaku Kepala Departemen Kebjakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM. Diskusi dipandu oleh Dr. dr. Andreasta Meliala, DPH., M.Kes., MAS. (Ketua Pusat Kebijakan Manajemen Kesehatan UGM Dosen S2 IKM UGM) selaku moderator yang akan memberikan dan menanyakan pandangan serta makna unik dari buku “Manajemen Strategis Organisasi Pelayanan Kesehatan” yang akan diulas langsung oleh sang penulis buku Dr. Dumilah Ayuningtyas, M.A.R.S. Pengulasan lebih mendalam akan dikembangkan dengan cukup tajam oleh dr. Viera Wardhani, M.Kes. (Dosen S2 MMRS Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya) selaku pembahas.

Insiprasi dan harapan penulis dalam menulis buku “Manajemen Strategis Organisasi Pelayanan Kesehatan” yaitu adanya sebuah kecerahan seperti “Pelita yang menerangi kegelapan dan menuntun menuju cerahnya pelayanan kesehatan”. Bab-bab yang ada di dalam buku ini memuat komponen pemikiran strategis dan ke-khasan organisasi pelayanan kesehatan. Pada bab satu buku ini mengulas mengenai pemahaman tentang manajemen strategis sebagai bagian perencanaan strategis yang meliputi strategic thinking, kemampuan berpikir dan hal itu dibuktikan dengan kemampuan untuk menyusun strategis planning. Berpikir strategis thinking akan membuat kita mampu memetakan hal positif yang sudah menjadi kekuatan.

Menurut penulis, buku ini juga membawa semangat bahwa rencana strategis bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dalam situasi apapun. Pada bab awal, mencoba mengartikulasikan tentang urgensi strategi planning dan kemudian secara khusus perencanaan strategis ini untuk organisasi pelayanan kesehatan terutama ketika selalu dikaitkan dengan konotasi bahwa pelayanan kesehatan adalah sesuatu yang mulia, luhur, ada nilai-nilai filantropi, arturistik yang tetap harus ada. Intinya untuk mengatakan visi besar derajat kesehatan masyarakat.

Pembahasan lebih tajam di sampaikan oleh dr. Viera Wardhani, M.Kes. selaku pembahas yang memaparkan bahwa buku Manajemen Strategis Organisasi Pelayanan Kesehatan sangat menarik karena dari awal judulnya sudah menarik, yaitu terdapat point konsep dan langkah praktisnya. Salah satu yang menarik dari isi buku ini adalah bukan tentang membuat keputusan di masa depan, tetapi bagaimana future decision.

Acara ini terbuka untuk Mahasiswa Program Magister IKM, Alumni Program Magister IKM FKKMK UGM, dan Peserta Umum.

Hasil pembahasan oleh dr. Viera Wardhani, M.Kes. dapat Anda unduh di link dibawah ini.

Bedah Buku #2 Tahap 1

Bedah Buku #2 Tahap 2

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.