Bedah Buku #4 Tahap 1 dan 2 Kebijakan Pembiayaan dan Fragmentasi Sistem Kesehatan

Oleh: Lia Rahmawati

Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM telah menyelenggarakan Bedah Buku #4 yang diadakan dalam dua tahap. Tahap pertama diselenggarakan pada Hari Rabu, 2 Desember 2020 yang bertujuan untuk mengenalkan buku agar menarik pembaca untuk membaca buku terlebih dahulu, dan tahap kedua diselenggarakan pada Hari Rabu, 16 Desember 2020 yang bertujuan untuk membahas dan berdiskusi lebih dalam terkait isi buku Kebijakan Pembiayaan dan Fragmentasi Sistem Kesehatan.

Diskusi dipandu oleh Dr. Diah Ayu Puspandari, Apt.,M.Kes., MBA (Dosen Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM) selaku moderator, memberikan dan menanyakan pandangan serta makna unik dari buku “Kebijakan Pembiayaan dan Fragmentasi Sistem Kesehatan” yang diulas langsung oleh sang penulis buku  Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. (Kepala Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM). Pengulasan lebih mendalam dikembangkan dengan cukup tajam oleh dr. Mohammad Subuh, MPPM (Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI) dan Dr. dr. Isman Firdaus, SpJP(K) (Mahasiswa Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat FK-KMK UGM, Minat MMR, Kepala Bidang Pelayanan Medik & Staf Medik Kardiologi RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita) selaku pembahas pada bedah buku kali ini.

Penulis buku, Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. menyampaikan bahwa buku ini memiliki tujuan untuk memberikan pendapat atau opini dari penulis terhadap kebijakan pembiayaan, dimana kebijakan tersebut apakah sudah tepat atau justru ada sesuatu efek negatif yang tidak cukup baik. Jika dilihat dari sampul buku terdapat gambar payung yang menggambarkan sebuah sistem perlindungan jaminan sosial, sehingga masyarakat yang tidak punya uang bisa mendapatkan akses pelayanan kesehatan. Akan tetapi, gambar payung dalam sampul buku terdapat bagian sobek yang melambangkan sebuah sistem jaminan yang belum utuh dan efektif  untuk menaungi semuanya.

Menurut penulis pesan yang ingin disampaikan dalam buku ini adalah bahwa sistem jaminan kesehatan belum sempurna, masih terdapat kekurangan dan berbagai tekanan dalam hal pembiayaan kesehatan itu sendiri. Penulis juga menyampaikan bahwa buku ini di produksi sudah cukup lama, dan data sudah dikumpulkan mulai dari tahun 2014-2018 dan dipublikasi pada tahun 2019. Oleh karena itu buku ini juga dapat melihat proses perjalanan JKN 4-5 tahun pertama, dan saat ini sudah berada pada tahun ketujuh. Sehingga bagi penulis jika nanti ada edisi kedua maka akan diberi pendapat tambahan terkait pendanaan kesehatan pada saat pandemi Covid-19.

Acara ini terbuka untuk Mahasiswa Program Magister IKM, Alumni Program Magister IKM FK-KMK UGM, dan Peserta Umum.

Hasil Pembahasan oleh Dr. dr. Isman Firdaus, SpJP(K) dapat Anda unduh di link di bawah ini.

Bedah Buku #4 Tahap 1

Bedah Buku #4 Tahap 2

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.