Pemaparan tentang Fotografi bersama Dr. Diah Ayu Puspandari, Apt., MBA., M.Kes.

Oleh: Lia Rahmawati

Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan telah menyelenggarakan Program Bincang Pagi Raisa Radio dengan tema Pemaparan tentang Fotografi bersama Dr. Diah Ayu Puspandari, Apt., MBA., M.Kes. (Dosen Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM) yang diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : Rabu, 13 Januari 2021
Jam : 07.30 – 08.30 WIB
Tempat : Online via Zoom App, Raisa radio App, dan website ph.fk.ugm.ac.id

Narasumber pada Bincang Pagi ini adalah Dr. Diah Ayu Puspandari, Apt., MBA., M.Kes. (Dosen Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM). Diskusi dibuka dengan pengantar oleh Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc, Ph.D (Ketua Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM), dan acara dipandu oleh Ghitka Nabila selaku MC pada Bincang Pagi pada hari ini.

Pada pembahasannya Ibu Diah mengungkapkan bahwa salah satu kelompok pecinta fotografi yang beranggotakan Ibu Diah sendiri dan rekan-rekan tidak adanya batas usia, kemudian lokasinya tersebar di seluruh Indonesia dan ada perwakilan di setiap wilayah. Jika pergi ke suatu daerah dapat menghubungi rekan disana untuk kemudian mencari spot foto. Bagi yang ingin bergabung, Instanusantara ini terbuka dan bisa bergabung setelah mendapat approval dari admin. Pada saat pandemi seperti ini ada fotografi from home, sehingga bisa mengambil spot dirumah sendiri, dan ada kelompok teman-teman yang mengirim hasil foto ke kompas, dan nama grup ini sangat unik yaitu apret (asal jepret).

“Apa motivasi Ibu Diah memberikan ilmu terkait fotografi ini kepada teman-teman” Tutur Ghitka.

Ibu Diah mengungkapkan bahwa “Seperti yang dr. Valentina katakan, bahwa hidup juga perlu bahagia, dan hal itu juga yang mendasari saya untuk melakukan fotografi bersama teman-teman. Selanjutnya, mungkin teman-teman juga sudah lelah dengan berbagai aktivitas, dan dengan memiliki hobi dapat melepas ketegangan dan melepas stress juga melatih kesabaran, karena fotografi tidak sekali jadi dalam satu jepretan, sehingga kesabaran kita juga diuji dalam dunia fotofografi.”

Terdapat banyak sekali jepretan foto yang dihasilkan oleh Ibu Diah yang masing-masing memiliki cerita tersendiri, dan salah satu hasil jeperetannya telah masuk dalam National Geographic Traveler pada tahun 2013. Hasil foto yang masuk dalam National Geographic ini diambil di Beijing pada saat Ibu Diah tengah melaksanakan konferensi. Di sela-sela setelah konferensi Ibu Diah menyempatkan untuk berkeliling dan kemudian menemukan sebuah objek yaitu perpaduan suatu bangunan modern dengan bangunan yang masih terlihat kuno, hal tersebut membuat Ibu Diah tertarik dan kemudian mencoba untuk mengambil foto. Setelah hasil foto dikirimkan kemudian mendapat E-mail yang menyatakan bahwa foto tersebut masuk dalam pemenang mingguan. Setelah masuk dalam pemenang mingguan ternyata masuk kembali ke daftar pemenang bulanan dan akhirnya foto tersebut di publish oleh National Geographic Traveler.

Untuk melihat hasil karya-karya Ibu Diah dapat langsung mengunjungi sosial media Instagramnya dengan nama @diah.ayu.puspandari

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.