Digital Media for Health Communication bersama Dr. Ayu Cornelia, B.A., M.Si.

Oleh: Lia Rahmawati

Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan telah menyelenggarakan Program Bincang Pagi Raisa Radio dengan tema Digital Media for Health Communication bersama Dr. Ayu Cornelia, B.A., M.Si. (Dosen MMTC dan AMPTA) yang diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : Kamis, 14 Januari 2021
Jam : 07.30 – 08.30 WIB
Tempat : Online via Zoom App, Raisa radio App, dan website ph.fk.ugm.ac.id

Narasumber pada Bincang Pagi ini adalah Dr. Ayu Cornelia, B.A., M.Si. (Dosen MMTC dan AMPTA). Diskusi dibuka dengan pengantar oleh dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D. (Dosen HPM FK-KMK UGM), dan acara dipandu oleh Ghitka Nabila selaku MC pada Bincang Pagi pada hari ini.

Pada pembahasannya Dr. Ayu Cornelia menjelaskan bahwa health communication atau komunikasi kesehatan adalah salah satu bentuk ilmu dalam mengkomunikasikan informasi kesehatan dan berbentuk secara promosional, misalnya public health campaigns. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika mempunyai program kerja yang bagus tetapi tidak di komunikasikan dengan masyarakat. Hal ini terkait dengan pendidikan kesehatan, tentunya dari dokter dan juga pasien atau juga dari healthcare provider yang lain.

Tujuannya yaitu untuk menyampaikan informasi kesehatan untuk mempengaruhi seseorang agar dapat mempraktekan gaya hidup yang sehat, misalnya how to wash hand, untuk kemudian dibuatkan flyer, dan mempraktekan di sosial media juga webiste. Misalnya seperti bagaimana mencuci tangan dengan baik kemudian dipraktekan dengan video yang menarik dan akan dipilih seseorang yang memiliki cara bicara menyenangkan, yang selalu memiliki positive mindset sehingga ketika orang mendengarkan akan merasa nyaman.

Kita tidak bisa meratakan setiap orang bisa memahami tentang kesehatan dan mau menerapkan program kesehatan dengan baik, sehingga perlu di komunikasikan dengan baik. Ketika bekerja di bidang kesehatan, dan ingin masyarakat terpengaruh maka diperlukan komunikasi yang menarik seperti saat gaya berbicara yang menyenangkan, tone saat berbicara dan juga mindset saat berbicara membuat orang merasa nyaman.

Untuk pembahasan lebih lanjut oleh Dr. Ayu Cornelia, B.A., M.Si. dapat Anda unduh di link dibawah ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.