Journal Reading Sesi #1 Barriers and facilitators to knowledge translation activities within academic institutions in low- and middle-income countries

Oleh: Lia Rahmawati

Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM telah menyelenggarakan Journal Reading Sesi #1 dengan topik “Barriers and facilitators to knowledge translation activities within academic institution in low-and middle-income countries“ pada hari Rabu, 24 Maret 2021 mulai pukul 15.30-16.30 WIB melalui media online meeting zoom. Diskusi dibuka dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D (Kepala Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan), dan dilanjutkan pembahasan terkait jurnal oleh dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc, Ph.D, FRSPH (Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengembangan FK-KMK UGM).

Dalam pembahasannya dr. Yodi menjelaskan bahawa Journal reading bukan hanya presentasi mengenai paper, namun peserta harus lebih aktif dalam menanggapi. Dalam membaca sebuah artikel, agar lebih sistematis, dapat mengajukan beberapa pertanyaan. Bagaimana keterkaitan paper tersebut dengan penelitian sebelumnya. Apa saja point yang baru jika dibandingkan dengan penelitian sebelumnya. Metode apa yang digunakan. Hasil temuan utamanya apa. Menurut penulis, apa arti temuan tersebut. Apa masukan atau kritikan anda terhadap paper tersebut. Bagaimana keterkaitannya dengan penelitian sebelumnya; ada beberapa hasil penelitian yang tidak di implementasikan, sehingga seperti konsep Knowledge Translation (KT) ini berfungsi untuk meningkatkan system kesehatan, dapat dalam bentuk diseminasi atau sistensis yang dapat diadopsi untuk kebijakan.

Acara ini terbuka untuk Mahasiswa Program Magister IKM, Alumni Program Magister IKM FK-KMK UGM, dan Peserta Umum.

Jurnal yang dibahas dapat Anda unduh di link dibawah ini

Opening
Pembukaan oleh dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc, Ph.D, FRSPH
Pembukaan oleh dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D
Presentasi Jurnal
Sesi Diskusi
Penutup
Credit

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.