Journal Reading Sesi #2 Carbon Footprint of Telemedicine Solutions – Unexplored Opportunity for Reducing Carbon Emissions in the Health Sector- dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D

Oleh: Lia Rahmawati

Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM telah menyelenggarakan Journal Reading Sesi #2 dengan topik “Carbon Footprint of Telemedicine Solutions – Unexplored Opportunity for Reducing Carbon Emissions in the Health Sector” pada hari Rabu, 31 Maret 2021 mulai pukul 15.30-16.30 WIB melalui media online meeting zoom. Pembahas pada journal reading kali ini yaitu dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D selaku Ketua Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM.

Dalam pembahasannya dr. Lutfan menjelaskan bahwa judul dengan tema telemedicine sangat baru untuk masa seperti sekarang. Ide pengambilan judul adalah karna isu global mengenai climate change yang sangat menarik dalam hal perubahan iklim di dunia juga diakibatkan oleh sektor kesehatan. Hal menarik lainnya adalah dalam jurnal BMJ sekarang sudah dapat menghitung emisi karbon disekitar kita. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini cukup baru yaitu dengan kalkulasi yang dilaksanakan oleh ahli dalam tekhnologi kesehatan. Salah satu aktifitas pengembangan telemedicine di Swedia di dukung dan dilaksanakan di Rumah Sakit Umea University. Salah satu ide pelayanan kesehatan dibuat berbasis teknologi adalah karna pemukiman masyarakat yang cukup tersebar dengan jarak yang cukup jauh. Dalam penelitian ini, didapatkan contoh bahwa dalam beberapa kasus, layanan telemedicine ini merupakan layanan rutin yang dilakukan oleh pasien. Life Cycle Analysis (LCA) yang dilakukan dalam penelitian ini adalah perlunya dukungan alat atau teknologi yang memerlukan pembaruan pada skala waktu tertentu untuk kepentingan telemedicine bersama pasien. Alat yang dikembangkan dapat menghitung detil LCA tersebut untuk mempermudah institusi pelayanan kesehatan. Telemedicine for telerehabilitation seperti bedah plastic, dengan telemedicine dilaksanakan dirumah pasien.

Acara ini terbuka untuk Mahasiswa Program Magister IKM, Alumni Program Magister IKM FK-KMK UGM, dan Peserta Umum.

Jurnal yang dibahas dapat Anda unduh di link dibawah ini

Opening
Pembukaan oleh dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D
Presentasi oleh dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D
Sesi Tanya Jawab
Credit

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.