BreaK (Bicara tentang Kualitatif) Sesi #1 Perkenalan Forum BreaK: Mengapa kita Perlu Penelitian Kualitatif- Prof. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D

Oleh: Lia Rahmawati

Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM, telah menyelenggarakan agenda mingguan BreaK (BicaRa tentang Kualitatif) yang dilaksanakan via daring melalui aplikasi Zoom pada Jum’at, 9 April 2021, Pukul: 14.00-15.00 WIB dengan Topik: “Perkenalan Forum BreaK: Mengapa Kita Perlu Penelitian Kualitatif?”. Narasumber untuk BreaK sesi #1 yaitu Prof.dr.Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D, dan acara dipandu oleh Ibu Martina Sinta Kristanti, S.Kep, Ns, M.N., Ph.D selaku moderator, serta Ghitka Nabila selaku MC.

Dalam pengantarnya Ibu Sinta menanyakan terkait alasan Prof. Uut jatuh cinta pada penelitian kualitatif, kemudian Prof. Uut menjelaskan bahwa “awal mula yaitu pada tahun 1990 saat saya lulus menjadi dokter, dan selama menjadi mahasiswa ikut menjadi asisten dosen. Kemudian pada awal tahun 1990 saya menempuh pendidikan S2 di Inggris, pada saat itulah saya berkenalan dengan penelitian kualitatif. Pada saat itu saya meneliti di Rumah Sakit Klaten (RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro), dan topik yang saya angkat pada saat itu saya penasaran mengapa para ibu-ibu hamil tidak mau disuruh untuk ke rumah sakit, padahal di rumah sakit sendiri untuk fasilitas lebih lengkap, tidak terlalu jauh, dan SDM tentu sangat kompeten. Dari situlah saya mulai berkenalan dan ngobrol dengan ibu-ibu hamil sambil menemani mereka di kamar bersalin, kemudian sampai dengan Paper tersebut muncul pada tahun 1995. Pengalaman yang sangat berkesan ketika saya mau naik dari IIIA ke IIIB, kemudian saya dipanggil dan ditanya terkait Paper saya yang tidak ada angka didalamnya. Pada saat itu saya sudah pucat ketika ditanya mengenai hal tersebut, kemudian saya pelan-pelan menjelaskan bahwa penelitiannya memang seperti ini. Dan dari hal itu kemudian saya pelan-pelan membangun kemampuan saya, ketertarikan, dan juga alasan bahwa ternyata hal ini belum terlalu banyak dikenal pada saat itu. Hal tersebut yang merupakan awal mula saya jatuh hati pada penelitian kualitatif”.

Untuk pembahasan lebih lanjut dapat diakses pada video youtube HPM FK UGM berikut, dan materi pembahasan Prof. Adi Utarini, M.Sc., MPH.,Ph.D dapat Anda unduh di link dibawah ini.

Opening
Pembukaan oleh MC (Ghitka Nabila)
Sambutan oleh dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D
Pembukaan oleh moderator (Martina Sinta Kristanti, S.Kep, Ns, M.N., Ph.D)
Presentasi Materi oleh Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D
Diskusi
Persembahan Lagu dari Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.