Journal Reading Sesi #3 Implementing AHRQ Effective Health Care Reviews – Helping Clinicians Make Better Treatment Choices The Effectiveness of Outpatient – Telehealth Consultations – dr. Abdillah Hasbi, Sp.THT-KL

Oleh: Lia Rahmawati

Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM, telah menyelenggarakan Journal Reading dengan topik “Implementing AHRQ Effective Health Care Reviews – Helping Clinicians Make Better Treatment Choices The Effectiveness of Outpatient – Telehealth Consultations” pada hari Rabu, 7 April 2021 mulai pukul 15:30-16:30 WIB melalui media online meeting zoom. Pembahas pada journal reading kali ini yaitu dr. Abdillah Hasbi, Sp.THT-KL (Mahasiswa MMR 2020), dan acara dibuka dengan pengantar oleh dr. Guardian Yoki Sanjaya, MHlthInfo (Dosen Departemen KMK).

Dalam pembahasannya dr. Abdillah menyampaikan bahwa di Indonesia, TeleHealth sudah mulai dicanangkan, seperti Menteri Kesehatan telah memberikan panduan mengenai TeleHealth. Peran Telemedicine dalam layanan kesehatan mulai popular, walaupun jenis teknologi yang digunakan masih dalam pengembangan.  Menurut dr. Hasbi, masih banyak yang harus digali dari kebijakan mengenai TeleHealth, yaitu seperti harus dengan system yang lebih terperinci, karena jika melihat dari Star-up yang telah ada di Indonesia yang sedang marak sekarang, cenderung kepada TeleMedicine dengan pola konsultasi dan hanya menggunakan media chat dengan random pasien, dan tidak terkhusus pasien di rumah sakit tertentu. Jurnal ini, mengenai AHRQ yaitu yang bergerak dalam penanganan mutu kesehatan, yaitu melakukan penelitian tentang Healtcare dan peningkatan mutu.

Telehealth ini sendiri merupakan komunikasi atau pelayanan kesehatan yang diberikan kepada seseorang profesional dengan menggunakan teknologi dimana pasien berada di site masing-masing dengan jarak tertentu. Tidak hanya konsultasi mengenai obat, namun juga termasuk dalam penegakan diagnosis tambahan dan lain-lain. Dengan adanya skema pemanfaatan teknologi ini, diharapkan dapat membantu dengan lebih cepat jika ada kemungkinan kegawatdaruratan yang akan terjadi. Berdasarkan jurnal yang dibahas, terdapat hasil yaitu berdasarkan 6 penelitian, pada penyakit-penyakit kronnis, Telehealth memberikan efek positif. Sehingga efektifitas dari Telehealth harus dilihat dari beberapa faktor, yaitu seperti dari cost, clinical outcome, dan satisfaction.

Acara ini terbuka untuk Mahasiswa Program Magister Kebijakan dan Manajemen Kesehatan, Alumni, dan Peserta Umum.

Jurnal yang dibahas dapat Anda unduh di link dibawah ini

Opening
Pembukaan oleh dr. Guardian Yoki Sanjaya, MHlthInfo
Presentasi Materi dr. Abdillah Hasbi, Sp.THT-KL
Diskusi
Credit

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *